Thursday, September 12, 2013

Pengertian Hipotesis Penelitian

Pengertian hipotesis penelitian - Dalam suatu penelitian, seorang peneliti tentunya membuat hipotesis atas penelitian mereka. Kalau tidak memakai hipotesis ya tidak penelitian namanya,,, hehe. Memangnya apa sih pengertian hipotesis penelitian itu?
Pengertian Hipotesis Penelitian

Menurut Arikunto (2009: 55) mengemukakan bahwa hipotesis adalah alternatif dugaan jawaban yang dibuat oleh peneliti bagi problematika yang diajukan dalam penelitiannya.  Dugaan jawaban tesebut merupakan kebenaran yang sifatnya sementara, yang akan diuji kebenarannya dengan data yang dikumpulkan melalui penelitian. Dengan kedudukan itu maka hipotesis dapat berubah menjadi kebenaran, tetapi juga dapat tumbang sebagai kebenaran.

Contoh Hipotesis Penelitian
Misalkan seorang mahasiswa pendidikan matematika (baca: peneliti) membuat skripsi dengan judul "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA VIII SMP NEGERI SUKA MAJU TAHUN PELAJARAN 2012/2013" maka hipotesis yang MUNGKIN (tidak mutlak/sesuai kajian teori) dia buat akan seperti ini:

  1. Prestasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Scramble lebih efektif dari pada model pembelajaran Make a Match.
  2. Prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai kreativitas tinggi lebih baik dari pada kreativitas siswa rendah terhadap prestasi belajar.
  3. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas pada prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Suka Maju tahun pelajaran 2012/2013.

Demikianlah pengertian atau definisi hipotesis penelitian. Semoga ada manfaatnya dan kalau mungkin ada menemukan kesalahan pada artikel diatas, jangan sungkan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih banyak.