Model Pembelajaran Scramble
Model Pembelajaran Scramble - Dalam pembelajaran, dewasa ini dikenal berbagai macam model pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Sesuai dengan tulisan saya tadi, model pembelajaran Scramble merupakan cabang atau turunan dari model pembelajaran kooperatif. Dan berikut ini kami akan mencoba untuk menguraikan pengertian dari model pembelajaran kooperatif tipe Scramble menurut para ahli.   

Menurut Hesti Damayanti (2010: 3-4), Model pembelajaran scramble adalah model pembelajaran yang menggunakan penekanan latihan soal yang dikerjakan secara berkelompok yang memerlukan adanya kerjasama antar anggota kelompok dengan berfikir kritis sehingga dapat lebih mudah dalam mencari penyelesaian soal. Model pembelajaran scramble merupakan model pembelajaran yang memberikan lembar soal dan lembar jawaban yang disertai dengan alternatif jawaban yang tersedia. Siswa diharapan mampu mencari jawaban dan cara penyelesaian dari soal.

Fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe Scramble
Fase Tingkah Laku Guru   Langkah-Langkah Scramble
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan memberi motivasi kepada siswa tentang perlunya mempelajari materi ini
Fase 2
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan Guru menyampaikan materi

Fase 3
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok kooperatif
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien    Guru menyiapakan lembar yang berisi soal dan jawaban yang sudah diacak, Guru membentuk kelompok untuk mengerjakan lembar soal tersebut

Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar   
Guru membimbing kelompok belajar saat mereka mengerjakan tugas mereka Guru membagikan lembar soal tersebut dan memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakannya
Fase 5
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya Guru menyuruh salah satu siswa maju kedepan mempresentasikan pekerjaannya.
Fase 6
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok Guru memberikan point bagi siswa yang menjawab benar dan bagi siswa yang menjawab salah guru memberi motivasi agar tidak putus asa


Adapun kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran Scramble ini. Untuk lebih jelasnya silahkan searching di blog sebelah, ada banyak referensi yang bisa Anda ambil dari situ. Terima kasih