Pengertian Motivasi Belajar
Pengertian motivasi belajar Motivasi dalam belajar sangat dibutuhkan dalam menunjang tercapainya hasil belajar yang maksimal. Menurut saya, jika seseorang melakukan pekerjaan apapun termasuk dalam kegiatan belajar jika dibarengi motivasi yang tinggi dia akan mengeluarkan kemampuan diatas kemampuan yang mereka miliki sebenarnya. Untuk itu dikesempatan yang bahagia ini mari kita mengulas sedikit tentang  pengertian motivasi belajar menurut beberapa ahli dibidangnya.

Menurut Wina Sanjaya (2009:228) “Motivasi adalah dorongan yang memungkinkan siswa untuk bertindak atau melakukan sesuatu. Dorongan itu hanya mungkin muncul dalam diri siswa manakala siswa merasa membutuhkan (need).”

Menurut Abdul Rahman Shaleh (2009:182) “Motivasi didefinisikan dengan segala sesuatu yang menjadi pendorong tingkah laku yang menuntut atau mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhan.”

Menurut Hamzah B.Uno (2007:3) “Motivasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya.”

Abdul Rahman Shaleh (2009:194) Membagi Motivasi menjadi dua, yaitu :
a. Motivasi Instrinsik
Ialah motivasi yang berasal dari diri seseorang itu sendiri tanpa dirangsang dari luar. Misalnya: orang yang gemar membaca, tidak usah ada yang mendorong, ia akan mencari sendiri buku-buku untuk dibaca.

b. Motivasi Ektrinsik
Yaitu motivasi yang datang karena adanya perangsangan dari luar, seperti : seseorang mahasiswa rajin belajar karena akan ujian.

Dari keterangan diatas tentu kita bisa memahami betapa pentingnya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar harus selalu dimiliki siswa diwaktu didalam kelas maupun diluar kelas.

Seorang siswa seyogyanya pintar-pintar dalam memotivasi diri untuk selalu semangat dalam belajar dan kelak dapat memanfaatkan ilmu yang mereka peroleh untuk kemashlahatan ummat. Dan seorang guru juga seyogyanya pintar-pintar dalam memotivasi siswa disetiap kesempatan mengajar dikelas maupun diluar kelas.

Demikian sedikit ulasan tentang pengertian motivasi belajar. Semoga ada manfaatnya dan saya berpesan untuk saya sendiri dan bagi siapa saja yang membaca coretan saya ini untuk terus memotivasi diri dalam belajar dan disegala hal yang sifatnya positif.
Terima kasih.